Ebleg Singa Mataram


Genre : Nonfiksi
Penulis :
Ravie Ananda 
Editor/Layout : Bolin
Desain Sampul : Mochamad Haririe
Penerbit : Harfeey
Tebal : 51 Hlm, A5
Harga : Rp25.000,-
Order : Judul_Jumlah_Alamat (WA 081904162092, BBM 7FA7F31F, LINE penerbitharfeey) atau ke www.tokopedia.com/harfeey

Sinopsis :
 
Sendratari Yudha Cakrakusuman adalah kesenian tradisional asli dari Kabupaten Panjer (nama Kabupaten Kebumen masa lampau). Dimana saat itu Panjer menjadi basis kekuatan militer dan lumbung pangan Kerajaan Mataram saat memerangi Belanda di Batavia.
Sendratari Yudha Cakrakusuman lebih dikenal dengan nama Ebleg Singa Mataram dikarenakan media peraganya didominasi oleh tiruan kuda yang terbuat dari ebleg (anyaman). Ebleg Singa Mataram memiliki gerakan pakem yang tidak boleh diubah karena di dalamnya mengandung unsur spiritual, filosofi, ideologi nusantara, moral, sejarah, dan patriotisme. 
Pagelaran Sendratari Yudha Cakrakusuman (Ebleg Singa Mataram) rutin diadakan setiap hari Jumat Kliwon di situs Kebon Raja Panjer yang kini berubah nama menjadi Taman Manunggal KODIM 0709/Kebumen, dimana tempat tersebut pada masa itu menjadi Kotaraja Kadipaten Panjer. Seni budaya Ebleg Singa Mataram Panjer ini wajib dilestarikan dan diamankan segera sebagai warisan karya seni bernilai tinggi wujud Ketahanan Nasional dan Wawasan Nusantara di bidang Budaya.

Postingan populer dari blog ini

Run

Kisah Lembah Hijau #3

Airmata di Lawang Sewu