Pendidikan Manusia Seutuhnya



Genre : Nonfiksi
Penulis : Drs. Sujadi
Editor/Layout : Boneka Lilin
Desain Sampul : Mochamad Haririe
Penerbit : Harfeey
Tebal : 217 Hlm, A5
Harga : Rp43.000,-
Order : Judul_Jumlah_Alamat (WA/SMS 081904162092, BBM 7FA7F31F, LINE penerbitharfeey)

Sinopsis :

Selama ini banyak pelanggaran hukum yang dilakukan para remaja yang masih usia sekolah, seperti terlibat dalam pembunuhan, perampokan, penyalahgunaan narkoba, dan lain-lain. Ini mengisyaratkan bahwa pendidikan karakter sangat diperlukan dalam pendidikan terhadap anak. Dalam kurikulum 2013, yang sekarang ramai dibicarakan, unsur afektif, kognitif, dan psikomotorik, penerapannya dibuat seimbang. Ketiganya mendapat porsi yang sama dalam tataran aplikasi di lapangan. Kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan secara bersama-sama menjiwai proses pembelajaran. Siswa diharapkan berperilaku yang baik, yang menunjukkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan. Selain itu, siswa harus memiliki kemampuan berpikir, serta tindakan yang efektif dan kreatif, memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural yang berwawasan lingkungan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban.


Konsep pendidikan manusia seutuhnya telah diterapkan dalam pola pendidikan kita. Karena kenyataannya, bekal hidup manusia bukan hanya memiliki pengetahuan yang mumpuni saja dan keterampilan yang memadai, tetapi juga memerlukan unsur-unsur lain yang saling menunjang. Manusia merupakan makhluk sosial yang setiap hari beradaptasi dengan lingkungan sosialnya yang tentunya selalu berhadapan dengan permasalahan sosial yang kompleks. Dalam bermasyarakat, setiap orang harus mengikuti norma-norma yang berlaku yang selama ini dipelihara dan dijadikan sebagai pedoman dalam bermasyarakat. Sumbernya bisa berasal dari budaya yang berasal dari warisan leluhur, ajaran agama, maupun peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Norma, peraturan yang berlaku itu akan bisa dterapkan dengan baik apabila masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjalankannya.

Dengan terbitnya kumpulan artikel pendidikan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih pemikiran di bidang pendidikan yang mungkin masih dalam taraf sangat sederhana. Bukankah Islam menyuruh menyampaikan ilmu yang kita miliki kepada masyarakat walau hanya satu ayat. Berangkat dari ayat inilah penulis memberanikan diri untuk memublikasikan kembali tulisan-tulisan yang sebelumnya kebanyakan sudah terbit di media cetak tersebut.

Postingan populer dari blog ini

Run

Kisah Lembah Hijau #3

Airmata di Lawang Sewu