Paradigma Ilmu Ekonomi Islam

Genre : Nonfiksi
Penulis : Naf’an, S. Ag., M.E.I
Editor & Layout : Boneka Lilin
Design Cover : Mochamad Haririe
Penerbit : Harfeey
ISBN : 978-602-1200-13-1
Tebal : 210 Hlm, 14, 8 x 21 cm (A5)
Harga : Rp44.000,-
CP Order : 081904162092 (Infokan judul, jumlah, alamat)

Sinopsis

Buku ini terdiri dari tiga bagian: Paradigma Metodologi Islam, Organisasi Ekonomi dalam Islam, dan Institusi Sosial dan Ekonomi dalam Islam.

Bagian pertama: Paradigma Metodologi Islam mengurai tentang paradigma epistemologi yang dipergunakan sebagai dasar landasan dalam ekonomi Islam, baik secara makro maupun mikro. Dalam bagian ini mengaji tentang metodologi ilmu ekonomi Islam yang membedakan dengan ilmu lainnya, karena ekonomi Islam mengakui sumber paradigma di luar diri manusia yaitu wahyu, pandangan Islam tentang hakekat manusia, sumber daya yang terbatas, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta konsep Islam mengenai kepemilikan.

Bgian kedua: Organisasi Ekonomi dalam Islam, mengaji tentang perspektif Islam mengenai riba/bunga, monopoli, konsep produksi, konsep konsumen, pasar islami. Perspektif Islam mengenai permasalahan tersebut sangat berbeda dengan sistem Ekonomi apa pun, karena setiap teori dan kebijakan yang diajukan manusia harus diuji dan divalidasi dengan menggunakan kriteria syariah (al-Qur'an dan as-Sunnah), dan jika terdapat kontradiksi yang jelas dan tidak dapat disangkal, maka teori dan kebijakan tersebut ditolak secara keras tanpa pengujian lebih lanjut.

Bagian ketiga: Institusi Sosial dan Ekonomi dalam Islam, mengaji tentang institusi Islam, baik sosial maupun ekonomi yang terdiri dari Bait al-Mal, Zakat, Waris, dan Hisba. satu hal yang menarik dalam Islam, suatu perintah agama yang sepintas terlihat seperti institusi sosial dan ternyata bisa sekaligus merupakan institusi ekonomi.

Postingan populer dari blog ini

Run

Kisah Lembah Hijau #3

Airmata di Lawang Sewu